Kapolsek Malinau Utara puji Bhabinkamtibmas yang mampu menggerakkan ronda malam di lingkungan masyarakat

Polres Malainau , Untuk mengantisipasi terjadinya konflik sosial yang terjadi di masyarakat, pada berbagai kesempatan, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengungkapkan bahwa dirinya akan menitikberatkan langkah–langkah antisipasi melalui optimalisasi peran Babinkamtimbas dan Intelijen sebagai upaya pencegahan.

Hal ini pun ditindaklanjuti oleh Bhabinkamtibmas jajaran Polres Malinau, Polda Kalimantan Timur, salah satunya dengan cara melaksanakan kegiatan sambang kepada masyarakat di desa binaannya.

Bhabinkamtibmas Polsek Malinau Utara melaksanakan kegiatan sambang kepada masyarakat di Jl. Malinau Sebrang, yang merupakan kampung binaannya.

Sesuai dengan arahan Kapolres Malinau AKBP Wiwin Firta Y.A.P, SIK melalui Kapolsek Malinau Utara, yang selalu menekankan kepada anggota Bhabinkamtibmasnya dijajaranya untuk lebih intens dalam melakukan kegiatan sambang juga pembinaan dan penyuluhan (Binluh) terhadap warga binaannya guna mengantisipasi terjadinya konflik sosial.

Diyakini, bahwa dengan rutin Polsek Malinau Utara melaksanakan kegiatan sambang kepada warga binaannya, maka para anggota Bhabinkamtibmas akan bisa dengan cepat untuk mengetahui perkembangan situasi Kamtibmas di kampung binaannya. Sehingga, apabila terjadi sesuatu hal di wilayah atau Kampung Binaannya, maka para Bhabinkamtibmas ini akan bisa dengan cepat mengambil tindakan demi terciptanya Kondusifitas Kamtibmas di Kampung Binaannya.

Dalam kegiatan sambangnya tersebut, Bhabinkamtibmas mengajak agar masyarakat bisa ikut serta secara aktif, bersama–sama menjaga kondusifitas kamtibmas di kampung tersebut.

Lebih lanjut, juga menyampaikan sosialisasi larangan penggunaan petasan dan kembang api, menyampaikan pesan–pesan Kamtibmas terkait dengan ajakan untuk mewaspadai ajakan radikal dan paham radikal, ajakan memerangi penyalahgunaan narkoba, ajakan untuk bertani ramah lingkungan dengan tidak membakar lahan, ajakan untuk tertib dalam berlalu lintas juga ajakan untuk kembali mengaktifkan kegiatan ronda malam sehingga lingkungan kampung bisa menjadi aman dan kondusif.

Tidak lupa,juga memberikan nomor handphone kepada masyarakat di desa Binaannya tersebut untuk mempermudah komunikasi dan koordinasi terkait dengan upaya menjaga dan memelihara kamtibmas di lingkungan masyrakat.

(syrl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *