Jelang Pilkada Serentak 2018, Polres Malinau Laksanakan Latihan Dalmas

HUMAS POLRES MALINAU – Kepolisian Resor Malinau melakukan latihan pengendalian massa (dalmas) untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Kalimantan Utara, di wilayah Kalimantan Utara hanya 1 wilayah yang hanya menyelenggarakan pemilihan Wali Kota, maka dari itu untuk menghadapi Pilkada 2018 di Kalimantan Utara Polres Malinau melaksanakan latihan pengendalian massa (dalmas) untuk persiapan BKO (Bawah Kendali Operasi), Senin (19/02/2018) di halaman apel Mapolres Malinau yang di pimpin Kasat Sabhara Polres Malinau AKP Maryana.
“Latihan pengendalian massa itu kami lakukan guna persiapan menghadapi Pilkada kedepan walaupun wilayah Kabupaten Malinau tidak melaksanakan Pemilihan,” kata Kapolres Malinau AKBP Bestari H. Harahap S.I.K., M.T. saat memantau kegiatan latihan personilnya.
Ia mengatakan, dalam latihan tersebut diikuti sekitar 65 personel yang tergabung dijajaran Polres Malinau hingga melibatkan anggota polisi yang bertugas di Polsek Jajaran. Adapun pelatihannya Dalmas awal, Dalmas lanjutan, Tim negosiator,  Formasi Raimas, anjing pelacak, serta inafis dan kesehatan.
Tujuan latihan itu agar nantinya para personel di jajaran Polres Malinau sudah terbiasa dalam melakukan pengendalian massa saat ada demo massa di lapangan.
“Kemungkinan peningkatan gangguan keamanan seperti tindak pidana Pemilu diperkirakan pasti ada,” katanya.
Dalam kesiapsiagaan pengamanan pilkada nantinya setiap personel polisi harus beranggapan wilayah ini rawan sehingga peningkatan keamanan dan kewaspadaan harus terus ditingkatan.
“Segala kemungkinan aksi massa dalam pilkada terus dilakukan pengawasan dan pemantauan oleh jajaran Polres Malinau sejak dini sebelum pesta rakyat tersebut dimulai walaupun di wilayah kita tidak mengelar Pilkada namun tetapi kita siap sewaktu-waktu jika di perbantukan di wilayah lain dalam pelaksanaan pengamanan pilkada serentak 2018 ini”, Jelas Bestari H. Harahap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *