Kapolsek Malinau Selatan Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Kenakalan Remaja di SMP Negeri 1

Malinau – Kenakalan remaja merupakan kecenderungan remaja untuk melakukan tindakan yang melanggar aturan yang dapat mengakibatkan kerugian dan kerusakan baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kepolisian Resor (Polres) Malinau secara intensif melaksanakan sosialisasi kepada kalagan remaja yang di fokuskan khususnya kepada kalangan para pelajar yang berada diwilayah Kabupaten Malinau.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Malinau Selatan IPDA Jowes Royen Chalvian siang ini, melaksanakan sosialisasi kepada pelajar di SMP Negeri 1 Malinau Selatan terkait kenakalan remaja seperti tawuran, bahaya penyalahgunaan narkoba, mengkonsumsi miras dan pencegahan HIV dan AIDS yang pada saatnya hanya berakhir pada penyesalan, Selasa (21/11).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Malinau Selatan IPDA Jowes Royen Chalvian menerangkan bahwa kegiatan Police Goes to School atau kunjungan Polisi ke sekolah dengan memberikan sosialisasi kepada kalangan pelajar ini sejalan dengan arahan Kapolres Malinau yang memerintahkan kepada seluruh personel dan termasuk Polsek jajaran untuk menjadikan program pembinaan pelajar ke sekolah sebagai kegiatan rutin.

Di depan ratusan pelajar dan didampingi sejumlah para dewan guru, Kapolsek Malinau Selatan IPDA Jowes Royen Chalvian menyampaikan materi tentang bagaimana cara bergaul yang sehat seperti tidak melakukan tawuran, penyalahgunaan narkoba, mengkonsumsi miras dan pencegahan HIV dan AIDS.

“Hari ini kami dari Polsek Malinau Selatan melaksanakan Police Goes to School atau kunjungan Polisi ke sekolah yakni bertempat di SMP Negeri 1 Malinau Selatan. Kegiatan ini merupakan salah satu program Polri dalam menjaga kondusifitas wilayah dan menekan angka kenakalan remaja khususnya di kalangan pelajar. Selain itu tujuannya agar para pelajar ini selalu ingat dan bisa menjaga diri serta dapat menjauhi hal-hal yang bisa menjebak pelajar dengan berbagai perbuatan melanggar hukum. Karena, jika seseorang telah berurusan dengan hukum, biasanya akan dikucilkan dalam pergaulan sosial masyarakat. Untuk itu, kami mengharapkan kepada para pelajar siswa/siswi disini dapat membentengi diri dari pengaruh negatif,” ujar IPDA Jowes Royen Chalvian

Dengan program Police Goes to School yang sering dilaksanakan jajaran Polres Malinau khususnya Polsek Malinau Selatan ini, IPDA Jowes Royen Chalvian mengajak para dewan guru dan para pelajar untuk bersama-sama menanggulangi kenakalan remaja, termasuk menangkal penyebaran berita Hoax agar terhindar dari dampak-dampak negatif yang ditimbulkan.

“Banyaknya jenis kenakalan remaja sebagai contohnya seperti mengkonsumsi miras, narkoba, seks bebas dan tidak tertib dalam berlalulintas maupun penyebaran berita Hoax sudah pasti tidak boleh dilakukan. Karena, selain dapat menghancurkan masa depan, jerat hukumpun menanti kita apabila melakukan semua hal tersebut. Untuk itu melalui momentum ini, saya mengajak seluruh para dewan guru dan para pelajar khusnya di SMP Negeri 1 Malinau Selatan ini untuk bersama lindungi anak-anak. Mari bersama kita ciptakan generasi Malinau yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur dan menjadikan generasi penerus bangsa yang penuh inovasi, cerdas, tangguh serta peduli akan lingkungan. Saya harapkan juga untuk adik-adik para pelajar atau siswa/siswi disini tetap semangat belajar yang rajin dengan mengikuti kegiatan yang positif untuk mendukung masa depan,” tambah IPDA Jowes Royen Chalvian

Sementara itu, dewan guru SMP Negeri 1 Malinau Selatan juga mengucapkan terimakasih atas kedatangan Kapolsek Malinau Selatan bersama anggotanya yang telah memberikan arahan dan penyampaiaan materi kepada anak didiknya.

#Agg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *