Pimpin Patroli, Kasatgas Preventif Ops Mantap Brata Cek Kantor KPU, Bawaslu dan Gudang Logistik KPU Kab. Malinau

Malinau – Sejak dimulainya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kepolisian Resor (Polres) Malinau terus konsisten dalam mewujudkan situasi dan kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Operasi Mantap Brata (OMB) Kayan 2023-2024 yang merupakan sebuah langkah pengamanan menyeluruh yang dilakukan sebagai persiapan menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Seperti halnya pada Senin (27/11) malam, Kasat Samapta Polres Malinau IPTU Isak Pangala, S.E., selaku Kasatgas Preventif dalam Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 di Polres Malinau memimpin pelaksanaan patroli di sejumlah lokasi obyek vital dan permukiman warga, termasuk di Gudang Logistik KPU, Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Malinau.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Samapta Polres Malinau IPTU Isak Pangala, S.E., menuturkan bahwa Satuan Samapta (Satsamapta) Polres Malinau sebagai Satgas Preventif secara intensif menggelar kegiatan patroli dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dimasa berjalanya Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024.

Lanjutnya, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk menjaga situasi tetap aman, sejuk dan kondusif menjelang Pemilu 2024 mendatang yang saat ini sudah memasuki beberapa tahapan yang sudah berjalan.

“Patroli ini adalah bagian dari strategi menjelang Pemilu 2024. Kami dari Polres Malinau berkomitmen menjaga dan mewujudkan situasi Kamtibmas diwilayah Kabupaten Malinau Bumi Intimung ini tetap terjaga menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024 yang sudah memasuki tahapan. Kami dari Satgas Preventif akan rutin melaksanakan kegiatan patroli ini untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan yang tidak kita inginkan, terutama pada obyek vital seperti kantor penyelenggara Pemilu yang ada diwilayah hukum Polres Malinau,” ujar IPTU Isak Pangala

Selain itu Kasat Samapta Polres Malinau IPTU Isak Pangala, S.E., menambahkan, bahwa saat ini juga Polres Malinau telah mengerahkan personel untuk melaksanakan pengamanan menetap di Gudang Logistik KPU, Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Malinau.

“Selama Operasi ini, fokus kita diantaranya menjaga situasi agar aman dan kondusif selama proses dan tahapan-tahapan Pemilu 2024, khususnya diwilayah kita Kabupaten Malinau. Terhadap personel yang ditempatkan di Gudang Logistik KPU, Kantor KPU dan Bawaslu ini para personel berjaga selama 24 jam untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan Kamtibmas. Pengerahan personel ini menunjukkan komitmen kami dari Polres Malinau dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta mencegah potensi gangguan yang dapat mengganggu integritas Pemilu,” tambahnya

Dalam pelaksanaan patroli ini selain memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat yang dijumpai, Kasat Samapta Polres Malinau juga berkoordinasi dengan petugas yang ada di Gudang Logistik KPU, Kantor KPU dan Bawaslu terkait situasi keamanan.

“Masyarakat menyambut positif langkah-langkah keamanan yang diambil oleh pihak Kepolisian. Kami berharap dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam upaya mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, salah satunya dengan memberikan informasi kepada petugas Kepolisian bilamana terjadi gangguan Kamtibmas dilingkungannya, kami siap untuk merespon apabila ada laporan atau situasi yang membutuhkan tindakan dari pihak Kepolisian,” tutupnya.

#Agg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *