Satlantas Polres Malinau Berikan Materi Pengaturan Lalu Lintas Kepada Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara

Malinau – Memasuki hari ke-4 pelaksanaan Latihan Kerja (Latja), Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara Polri (Diktuba Polri) Angkatan 51 Gelombang I Tahun 2024 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltara di Polres Malinau melaksanakan praktek pengaturan lalu lintas dibeberapa titik keramain yang ada di perkotaan Malinau. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan para siswa dalam menghadapi situasi nyata di lapangan nantinya, Kamis (06/06).

Pelaksanaan kegiatan Latja yang diikuti Siswa Sekolah Bintara (Seba) SPN Polda Kaltara pagi ini, dimulai dengan mengikuti apel pagi bersama jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malinau bertempat di JL. Raja Pandhita (Depan Bandara Kolonel RA. Bessing) dipimpin PS. Kanit Gakkum Satlantas Polres Malinau Aipda Julfirman Yefri Renses Silaban, dan didampingi Bintara Pendamping yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengaturan arus lalu lintas dibeberapa titik keramain yang ada di perkotaan Malinau.

Dalam pelaksanaan praktek tersebut, para Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan ditempatkan di titik-titik yang sering mengalami kepadatan lalu lintas. Beberapa lokasi yang menjadi fokus pengaturan lalu lintas antara lain di Simpang Tiga SMAN 1 Malinau, Depan SMPN 1 Malinau Kota, dan Simpang Empat Terminal Malinau Kota.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Lantas Polres Malinau IPDA Ansar mengatakan bahwa “Praktek pengaturan lalu lintas ini sangat penting untuk melatih kemampuan Siswa dalam mengendalikan arus kendaraan, terutama di lokasi-lokasi yang padat. Selain itu juga untuk membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab pada diri siswa,” ujarnya.

Kasat Lantas Polres Malinau IPDA Ansar juga menitip pesan kepada para Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara yang melaksanakan Latja agar dalam melaksanakan pelatihan maupun praktek langsung pengaturan arus lalu lintas dapat memperhatikan dengan baik dan bersungguh-sungguh serta bisa diterapkan nanti pada saat sudah bertugas.

Para Siswa terlihat penuh semangat dalam menjalankan tugas mereka. Mereka dengan sigap mengatur arus lalu lintas, membantu pejalan kaki menyeberang jalan, serta memberikan arahan kepada pengendara untuk menciptakan kelancaran dan ketertiban di jalan raya.

Sementara itu, Perwira Pendamping Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara IPDA Zulkifli, S.H., saat ditemui menerangkan bahwa pada hari keempat Latja di Polres Malinau ini, Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara melaksanakan praktek pengaturan lalu lintas dibeberapa titik keramaian di perkotaan Malinau. Dan setelah itu, para Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara kembali melaksanakan parktek Latja dilingkungan Polres Malinau.

“Hari ini merupakan hari keempat Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara melaksanakan Latja di Polres Malinau. Selain Praktek pengaturan lalu lintas ini para siswa juga mendapatkan materi dari sejumlah fungsi di Polres Malinau seperti Satsamapta meliputi Penjagaan, Satreskrim meliputi olah TKP, Satintelkam meliputi pelayanan SKCK, Satlantas meliputi pelayayan SIM dan BPKB dan Satbinmas meliputi lapoan harian Bhabinkamtibmas,” pungkas IPDA Zulkifli.

#HmsResMal #Ajk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *