Pastikan Kesiapan Personel, Polres Malinau Gelar Simulasi Pengamanan TPS Jelang Puncak Pemilu 2024

Malinau – Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 yang tinggal menghitung hari, Kepolisian Resor (Polres) Malinau terus melakukan persiapan dalam hal pengamanan.

Salah satu bentuk persiapan tersebut adalah dengan menggelar Simulasi Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan dilanjutkan dengan Tactical Wall Game (TWG) bertempat di halaman Mapolres Malinau, Senin (5/2).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., Kaban Kesbangpol Kabupaten Malinau, Danramil 0910-03/Malinau Kota, Danki Brimob Kompi 4 Yon A Pelopor Malinau, Kasat Pol PP (diwakili), Staf SDM KPU Kabupaten Malinau, anggota KPPS, para Pejabat Utama (PJU) Polres Malinau dan seluruh personel Polres Malinau serta anggota Linmas yang terlibat dalam Pengamanan TPS pada Pemilu tahun 2024.

Simulasi Pengamanan TPS dilaksanakan dengan memerankan sejumlah skenario yang berpotensi terjadi di TPS pada 14 Februari 2024 mendatang, mulai dari potensi konflik saat pemungutan suara yang meliputi hak pilih, pengerahan massa hingga politik uang atau Money Politics yang menyasar pemilih yang datang ke TPS.

Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa Simulasi Pengamanan TPS ini merupakan bagian dari persiapan dan pembekalan kepada personel Polres Malinau maupun petugas gabungan baik dari jajaran TNI dan Linmas yang nantinya akan bertugas dalam pengamanan TPS pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

“Hari ini kami dari Polres Malinau melaksanakan Simulasi Pengamanan TPS untuk memberikan gambaran kepada personel Polres Malinau maupun petugas gabungan yang akan melaksanakan pengamanan TPS, sehingga nantinya petugas bisa paham apa yang harus dilakukan, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat melaksanakan pengamanan TPS. Simulasi dilakukan mulai dari tahapan pemungutan suara hingga perhitungan suara. Ini juga bagian dari Operasi Mantap Brata (OMB) Kayan 2023-2024,” terang Kapolres Malinau

Disamping itu, dalam Simulasi Pengamanan TPS juga ditampilkan mekanisme pengamanan yang dilakukan personel Polri apabila terjadi masalah seperti masyarakat yang tidak dapat melaksanakan pencoblosan, aksi protes dari masyarakat yang mengakibatkan kerusuhan atau situasi yang tidak kondusif.

“Dalam skenario ini memang telah dirancang untuk memberikan gambaran kemungkinan hal yang bisa saja terjadi saat hari pemungutan dan penanganannya seperti apa, agar personel keamanan dapat mengukur tingkat kerawanan dan langkah penanganan. Mudah-mudahan saja tidak terjadi, skenario ini hanya antisipasi. Kami dari Polres Malinau juga sudah memetakan personel berdasarkan jenisnya seperti TPS tidak rawan, rawan dan sangat rawan. Simulasi ini juga merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan respons dan kesiapan personel dalam menghadapi berbagai potensi situasi selama pemungutan suara. Jadi saya mengharapkan para personel agar dalam Simulasi ini harus dicermati sebaik-baiknya untuk mendapatkan gambaran dalam proses pungut hitung suara pada saat pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024,” tambahnya

Pada kesempatan ini juga, Kapolres Malinau sangat mengharapkan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Malinau untuk juga ikut andil mensukseskan Pemilu 2024 mendatang dengan menghimbau seluruh lapisan masyarakat dalam hal pentingnya penguatan strategi komunikasi publik yang diminta untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang berkembang dan diharapkan memverifikasi lebih dahulu informasi yang beredar di Medsos.

“Peran serta dari lapisan masyarakat dalam menjaga keamanan sangat dibutuhkan, karena keamanan dan ketertiban merupakan tanggung jawab kita bersama, untuk itu mari kita bersama-sama menciptakan situasi keamanan yang nyaman dan kondusif di Bumi Intimung ini. Dihimbau kepada masyarakat jangan sampai terpengaruh hal-hal yang mungkin provokatif dan tersebar di Media Sosial ataupun lainya. Mudah-mudahan Pemilu kali ini bisa berjalan dengan aman, damai, kondusif dan lancar, aamiin,” tutup Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H.

#HmsResMal #Agg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *