Dorong Peran Aktif Masyarakat, Kasat Binmas Polres Malinau Intensif Gelar Sambang Sekaligus Cek Pos-Pos Kamling

Malinau – Sebagai mitra Polri dalam menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan kondusif, setiap Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) yang berada di Kabupaten Malinau diberikan bekal berupa pembinaan mengenai menjaga keamanan dilingkungan oleh jajaran Satbinmas Polres Malinau.

Kegiatan ini seperti yang dilakukan Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom didampingi PS. Kaurbinopsnal Satbinmas AIPDA Andi Ashar dan PS. Kanitbinkamsa AIPDA Zaenal Ariefin, secara Door to Door dan bertahap melakukan sambang ke setiap Poskamling yang berada di wilayah hukum Polres Malinau, Jum’at (3/5) malam.

Dalam penyampaian Kasat Binmas, kegiatan sambang tersebut bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan sinergitas dengan lapisan masyarakat sekaligus memotivasi agar warga dapat terus meningkatkan kewaspadaan dan keamanan swarkarsa dengan menggelar ronda malam di Poskamling.

“Untuk memudahkan komunikasi dan menyerap berbagai informasi dari seluruh elemen masyarakat, kami dari Polres Malinau terus berupaya untuk selalu mendekatkan diri dengan masyarakat baik melalui sambang maupun Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh). Kegiatan yang dilakukan Satbinmas seperti malam ini, pembinaan ke Poskamling dilaksanakan guna mengetahui sejauh mana kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dilingkungan tempat tinggal. Kami berharap kegiatan ronda malam ini aktif dilaksanakan untuk membantu Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas agar aman dan tidak ada gangguan Kamtibmas yang menonjol,” ungkap Kasat Binmas

Dalam sesi Binluh, Kasat Binmas juga menyampaikan himbauan kepada petugas jaga Poskamling untuk terus melaksanakan patroli ke sekitar pemukiman penduduk guna memberikan rasa aman disaat warga masyarakat sedang istirahat, mengantisipasi terjadinya tindak pidana pencurian baik kendaraan maupun barang berharga lainya.

“Kegiatan Binluh ini dilaksanakan sebagai bagian dari program penguatan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Malinau. Untuk itu kami berharap kepada warga masyarakat agar proaktif untuk menjaga lingkungannya dengan meningkatkan ronda malam untuk menjaga Kamtibmas tetap kondusif. Kemudian, kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam memarkirkan kendaraannya baik itu motor ataupun mobil, terutama motor yang marak terjadi aksi pencurian. Masyarakat juga diharapkan selalu memastikan kendaraannya pada saat terparkir sudah dalam kondisi terkunci dan selalu gunakan kunci ganda pada kendaraannya,” tambahnya

Menurut Kasat Binmas, petugas ronda juga harus memahami tugasnya dan bisa bertindak saat terjadi permasalahan dilingkungannya. Namun dalam pelaksanaannya tetap berkoordinasi dengan Bhabikamtibmas atau pihak Kepolisian terdekat maupun Babinsa setempat.

Sementara itu Kasatkamling RT. 05 Desa Malinau Kota, Bahrumsyah yang merupakan salah satu petugas ronda yang di kunjungi pihak Kepolisian pada Jum’at malam tersebut turut mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang telah dilakukan Kasat Binmas beserta anggotanya. Ia berharap kunjungan tersebut dapat menggiatkan masyarakat dalam menjaga keamanan dilingkungannya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan Kasat Binmas yang telah menyempatkan untuk berkunjung di Poskamling kami. Melalui kunjungan ini kami berharap dapat memacu semangat dan menggiatkan warga masyarakat dalam menjaga keamanan dilingkungan dengan turut aktif bersama-sama berjaga di Poskamling yang ada,” tutup Bahrumsyah.

#HmsResMal #Agg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *