Dedikasi Personel Polres Malinau Selama 4 Hari Kawal Kotak Suara, Terjang Arus Giram dan Jalan Kaki 11 Jam di Hutan Demi Suksesnya Pemilu 2024

Malinau – Setelah melaksanakan pengamanan pencoblosan pada tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah hukum Polres Malinau pada Rabu (14/02/2024) lalu, personel Polres Malinau kembali melaksanakan pengamanan dan pengawalan kotak suara dari masing-masing TPS ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga ke Gudang Logistik KPU Malinau.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., sangat mengapresiaai terhadap dedikasi yang sangat tinggi terhadap seluruh personel Polres Malinau dan petugas Pemilu lainya dalam menjalankan tugasnya.

Salah satunya seperti personel yang mengawal kotak suara Pemilu 2024 di Sungai Tubu, mereka yang dengan ikhlas hati dan rela berjuang selama 2 hari perjalanan saat mengawal kotak suara dari Gudang Logistik KPU Malinau menuju Desa Long Titi dengan menyeberangi Sungai dan penuh arus giram yang sangat deras dan berjalan kaki menyusuri hutan selama 11 jam demi mengawal kotak suara sampai ke tujuan.

Adapun personel pengamanan dan pengawalan tersebut yakni BRIGPOL Oloan Sinaga dan BRIPDA Beny Dawet yang melaksanakan pengamanan TPS di Desa Long Titi sebelum dan setelah pencoblosan surat suara selesai di TPS dan kembali mengawal kotak suara ke PPK Sungai Tubu hingga ke Gudang Logistik KPU Malinau.

Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., membenarkan hal tersebut, kegiatan ini adalah tanggung jawab besar bagi Polri untuk mengamankan dan mengawal kotak suara dalam keadaan aman, mulai dari Gudang Logistik KPU Malinau untuk di bawa ke PPK dan TPS masing-masing Desa, dan sebaliknya dari TPS menuju PPK hingga nantinya sampai ke Gudang Logistik KPU kembali.

“Upaya tersebut merupakan salah satu tugas Polri bersinergi dengan TNI serta petugas Pemilu lainya untuk memberikan keamanan serta pengawalan perjalanan kotak suara baik dari Gudang Logistik KPU untuk di bawa ke PPK dan ke TPS masing-masing Desa, begitupun sebaliknya,” ungkap Kapolres Malinau pada Senin (19/02/2024).

Selanjutnya Kapolres Malinau menjelaskan, personel Polres Malinau dan petugas Pemilu lainya yang melaksanakan pengamanan logistik kotak suara Pemilu 2024, khususnya yang berada di Desa Long Titi, para petugas harus melalui medan yang sulit selama perjalanan 4 hari saat pergi dan kembalinya. Medan yang dilalui seperti mendaki gunung, melewati hutan dengan berjalan kaki, termasuk menerjang Sungai berarus deras dan penuh giram.

“Personel Polres Malinau yang melaksanakan pengamanan logistik kotak suara Pemilu 2024 di Desa Long Titi ini menempuh waktu tempuh hingga 4 hari perjalanan pulang perginya dan melewati medan mendaki gunung, melewati hutan dengan berjalan kaki, termasuk menyeberangi Sungai berarus deras dan penuh giram, begitupun kembalinya,” tambahnya

Meski demikian, semangat personel Polres Malinau bersama petugas Pemilu lainya tidak berkurang sedikit pun. Hal tersebut dilakukan demi suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 ini.

#HmsResMal #Agg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *